Minggu, 19 Desember 2010

Manfaat Getah Jarak




Pernahkah anda berpikir tentang manfaat jarak ? Tumbuhan yang sering kita lihat di pekarangan , namun seringkali terabaikan . Masyarakat Indonesia memanfaatkan tanaman ini sebagai terapi obat luar untuk terapi demam misalnya . Selain itu juga kerap digunakan sebagai obat luka atau penyubur rambut . Belakangan diketahui cukup banyak manfaat yang bisa didapat dari jarak . Salah satunya adalah penggunaan energi biodiesel dari biji tanaman tersebut . Saat ini teknologinya sedang dikembangkan oleh Pertamina sebagai sumber energi alternatif .

Hal ini membuktikan bahwa tanaman yang sebelumnya diabaikan , ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup bermakna . Jika biji jarak sudah dimanfaatkan untuk energi biodiesel , saat ini para ahli tengah meneliti manfaat getah jarak . Diketahui bahwa getah jarak mengandung golongan senyawa sterol , flavon , serta saponin . Sterol merupakan senyawa awal untuk pembentukan vitamin D . Flavon merupakan bagian dari flavonoid bisa berfungsi sebagai anti radang . Sedangkan senyawa saponin merupakan salah satu bentuk glikosida , senyawa yang bersifat racun .

Saat ini tengah dieliti , manfaat getah jarak untuk mengatasi radang pada pulpa . Secara umum pulpa merupakan bagian penting dari struktur jaringan gigi karena terdapat saraf dan pembuluh darah . Jika pulpa meradang , pengobatan yang biasa diberikan adalah penghilang rasa sakit , sedangkan jika mengalami infeksi , diberikan antibiotik .

Setelah diketahui bahwa getah jarak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi reaksi peradangan , langkah selanjutnya adalah mengetahui aman atau tidaknya getah jarak untuk manusia . Setelah diadakannya penelitian ternyata getah jarak bermanfaat untuk mencegah inflamasi pada pulpa . Namun , untuk pemakaian getah jarak harus berhati-hati .

57 komentar:

  1. iyya mas emang getah jarak itu bermanfaat sekali...bisa juga loh untuk obat jerawat...caranya getahnya di oleskan ke seluruh muka atau bagian yang terkena jerawat. tapi harus getah yang di ambil pada pagi hari. un tuk gigi juga bagus tapi harus getah pagi,,ngga tau kenapa tapi di kampung saya begitu...

    BalasHapus
  2. Baru tau aku, ternyata getah jarak ada manfaatnya ya, terima kasih informasinya, salam kenal...

    BalasHapus
  3. ooo,,begitu'a,.. makasi atas infonya,..!!

    BalasHapus
  4. info nya sangat bagus dan sangat menarik nie......

    BalasHapus
  5. saya baru denger getah jarak bermanfaat..
    makasih atas infonya.
    salam kenal.

    BalasHapus
  6. iya,,saya udah denger sebelumnya,,bahkan di sebuah PTN telah memproduksi biji jarak untuk energi biodesel kalo ga salah,,,biji jarak emang bermanfaat,,terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  7. Makasih infonya Gan, banyak informasi bermanfaat di blog ini. Semoga sukses selalu Gan.

    BalasHapus
  8. makasih infonya
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. Hemm baru tau neh klo ternyata phpon jarak bisa jadi manfaat!!
    nice info gan!!

    BalasHapus
  10. ternyata banyak juga yah manfaat dari pohon jarak..
    terimakasih atas info nya..

    BalasHapus
  11. pohon yang terlihat biasa-biasa saja ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak...

    BalasHapus
  12. semoga penelitian nya menghasilkan kabar yang menggembirakan.

    BalasHapus
  13. cara pemakain yang benar gi mana gan??

    BalasHapus
  14. Hhmmm
    Bagus juga yah Getah Jarak,. Good Artikel Boy,.

    BalasHapus
  15. banyak juga khasiat dari tumbuhan ini....
    terima kasih atas informasinya..

    BalasHapus
  16. ternya ada manfaat nya ya...
    baru tau nih

    BalasHapus
  17. ternyata banyak manfaatnya yah ~

    BalasHapus
  18. sy dulu pengalaman muntah2 makan ginian tak kirain kacang....he he he

    BalasHapus
  19. umumnya semua buah-buahan itu pasti ada manfa'atnya,thanks buat informasinya saya baru tahu...

    BalasHapus
  20. yups,, selain itu getah tanaman jarak sering di bikin maenan waktu saya masih kecil.. ehehe
    di pake balon-balonan

    BalasHapus
  21. siip gan terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  22. waah tampaknay smw bgian tanaman jarak bisa dipakai yah

    BalasHapus
  23. mantaap deh sob.
    nice info..
    salam sukses

    BalasHapus
  24. wahhh info terbaru dari manfaat tanaman jaraknya bgus nii, oh ya mau nambah masukkan aja, kalo daun jarak juga bisa mengempeskan lemak yang terdapat di bagian tubuh dengan cara di rendam dalam air mendidih, stelah hangat kuku lalu ditempelkan ke bagian yang terdapat lemak. nice share.. :D

    BalasHapus
  25. ya emang getah jarak juga bisa cepat kerikan luka

    BalasHapus
  26. sangat bermanfaat sekali infonya saya tunggu postingan selanjutnya mkasih

    BalasHapus
  27. wah sungguh banyak manfaat ya getah jarak

    BalasHapus
  28. dulu waktu saya punya luka kecelakaan saya pakai getah jarak benar banget luka nya cepat kering

    BalasHapus
  29. kunjungan pagi dengan membaca dan menyimak artikel nya sungguh sangat bermnfaat sekali untuk saya makasih banyak semoga tambah sukses blog nya

    BalasHapus
  30. membaca dan menyimak artikelnya sungguh jadi menambah ilmu dan wawasan saya semoga lebih banyak yang baca artikel ini menjadi lebih banyak tau

    BalasHapus
  31. sangat bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  32. menarik dan bermanfaat infonya makasih infonya saya tunggu info yang lebih bermanfaat

    BalasHapus
  33. makasih bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  34. setelah saya dan membaca dan menyimak artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan saya semoga blog nya sukses selalu dan selalu menghadirkan artikel yang bermanfaat makasih

    BalasHapus
  35. bener banget getah jarak sangat banyak banget manfaat nya

    BalasHapus
  36. cara yang paling ampuh sekali

    BalasHapus
  37. mantap banget artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  38. ternyata sangat bermanfaat sekali gan getah jaraknya makasih

    BalasHapus
  39. bener banget getah jarak emang bagus untuk luka makasih infonya

    BalasHapus
  40. banyak sekali manfaat getah jarak

    BalasHapus