Minggu, 24 Oktober 2010

Musik Progresssive Rock



Progressive rock atau sering disingkat prog adalah jenis musik yang mulai berkembang pada akhir dekade 60-an dan mencapai masa jayanya di tahun 70-an, menggabungkan elemen-elemen dari rock,jazz dan musik klasik. Kadang pengaruh dari blues dan musik tradisional juga terasa .

Kali ini saya akan memperkenalkan band yang beraliran progressive rock yaitu Dream Theatre . Band ini muncul dengan aliran progressive rock pada tahun 80-an .Aliran musik ini sangat sulit untuk mendefinisikannya . Tapi jenis musik ini memilik ciri yaitu memiliki ketukan yang ganjil , permainan solo gitar yang rumit, dan lagu-lagunya panjang (biasanya lebih dari 6 menit ) .


Banyak grup progressive rock yang menerbitkan satu album dengan lagu-lagu yang bertemakan sama atau sambung-menyambung menceritakan satu cerita (disebut album konsep). Contoh-contoh album konsep di antaranya adalah Metropolis 2: Scenes from a Memory dari Dream Theater dan The Lamb Lies Down on Broadway dari Genesis. Banyak pula group musik progressive saat ini yang mulai keluar dari stigma musik progressive sebagai genre dan kembali ke pemikiran inti musik progressive sebagai pandangan yang amat sangat kuat dipengaruhi pandangan Jazz.

Menurut saya sih musik ini sangat menarik untuk dipelajari , namun sayangnya jika ingin mempelajari musik ini harus memiliki ketekunan yang tinggi . Karena musik ini sangatlah rumit , kecuali anda sudah mahir dalam bermain alat musik . Selain itu band yang jenis musik seperti ini biasanya memiliki lagu-lagu yang panjang , jadi agak membosankan untuk mendengarkannya .Tapi jenis musik ini pun masih ada yang meggemarinya . Contohnya Dream Theatre yang terkenal di berbagai negara dan memiliki banyak penggemar .

9 komentar: